Penajam dan Samboja (Kaltim) Ditetapkan Sebagai Ibukota RI yang Baru

SAH! Akhirnya pada hari ini tanggal 26 Agustus 2019 Presiden RI Bpk Joko Widodo mengumumkan lokasi ibukota Indonesia yang baru, yakni di sebagian wilayah Samboja (Kabupaten Kutai Kartanegara) dan sebagian wilayah Penajam (Kabupaten Penajam Paser Utara).

monas diangkut

Pengumuman ini sekaligus mengakhiri teka teki lokasi ibukota yang baru, setelah awalnya pilihan antara di kalteng dan kaltim, lalu mengerucut hanya di wilayah kaltim (kawasan hutan lindung bukit soeharto), kecamatan penajam dan kecamatan samboja.

Lalu kawasan bukit soeharto dicoret, maka tingal 2 kandidat (tapi masih terus dirahasiakan karena mencegah spekulan tanah), maka hari ini tanggal 26 agustus 2019 diputuskan ibukota RI pindah ke (sebagian) wilayah kecamatan Samboja dan (sebagian) wilayah Penajam.

wilayah ibukota RI yang baru

Lokasi Penajam dan Samboja

Penajam merupakan kecamatan yang masuk wilayah kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sementara lokasi kecamatan Samboja masuk di wilayah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Keduanya masuk di provinsi Kalimantan Timur.

Lokasi kecamatan Penajam dan kecamatan Samboja ini saling berhubungan dan memiliki tanah ribuan hektar yang masih kosong, hanya semak belukar dan tumbuhan liar. Namun di beberapa wilayah ada tambang batubara, minyak bumi, gas dan perkebunan kelapa sawit.

Saya yang sering bepergian ke kedua daerah ini tau persis bagaimana keadaan geografis dan budaya penduduknya. Kehidupannya yang tenang, penduduknya ramah, suka menolong dan peduli sesama. Mau keliling melihat situasi? Gunakan jasa sewa motor balikpapan harian bulanan...

Apa Suku Asli Wilayah Penajam dan Samboja?

Suku asli wilayah Penajam (dan PPU) adalah suku Paser, sementara suku asli wilayah Samboja (dan Kukar) adalah suku Kutai.

Tetapi walaupun begitu di kedua wilayah tsb sudah banyak suku jawa, bugis, banjar, padang, batak, madura dan suku lainnya yang sudah membaur hidup rukun saling menghargai dan bekerjasama sejak puluhan tahun silam.

Penduduk di kedua wilayah tsb mayoritas beragama islam dan sudah cukup banyak masjid dan musholla di pinggir jalan raya dan perkampungan warga.

Wajah Ibukota Baru


Ibukota baru ini memiliki 2 kota terdekat yang sudah ramai dan padat, yakni kota Balikpapan dan kota Samarinda (ibukota Kalimantan Timur).

Kota Balikpapan memiliki bandara internasional SAMS Sepinggan, pelabuhan peti kemas kariangau, pelabuhan penumpang (kapal besar) di Semayang, pelabuhan kapal ferry dan jalan tol Balikpapan - Samarinda.

Sementara kota Samarinda memiliki bandara APT Pranoto dan juga pelabuhan peti kemas di Palaran.

Sampai disini... bagi anda yang berkunjung ke kota Balikpapan dan ingin keliling kota, kami melayani jasa rental motor balikpapan sistem sewa harian, mingguan atau bulanan.

Semoga ulasan saya ini bermanfaat untuk anda... Terima kasih